• Beranda
  • Profil
    • Sejarah Pendirian
    • Visi & Misi
    • Struktur Organisasi
    • Profil Lulusan
    • Tenaga Pendidik
    • Keunggulan Program Studi
    • Fasilitas Pembelajaran
    • Video Profil
  • Akademik
    • Kurikulum
    • Magang
    • MBKM
    • Project Based Learning
    • Program Internasional
  • PPM
    • Publikasi Ilmiah
    • Penelitian Terapan
    • Pengabdian Masyarakat
    • Produk Terapan
    • Kekayaan Intelektual
    • Penalaran Ilmiah Mahasiswa
  • Kerjasama
    • Mitra Dalam Negeri
    • Mitra Luar Negeri
  • Alumni dan Karir
    • Info Alumni
    • Tracer Study
    • Lowongan Pekerjaan
Universitas Gadjah Mada Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Perjalanan Wisata
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah Pendirian
    • Visi & Misi
    • Struktur Organisasi
    • Profil Lulusan
    • Tenaga Pendidik
      • Kelompok Keahlian Dosen
      • Pengampu Mata Kuliah
    • Keunggulan Program Studi
    • Fasilitas Pembelajaran
    • Video Profil
  • Akademik
    • Kurikulum
      • Kurikulum 2020
      • Kurikulum 2021
    • Magang
    • MBKM
    • Project Based Learning
    • Program Internasional
  • PPM
    • Publikasi Ilmiah
    • Penelitian Terapan
    • Pengabdian Masyarakat
    • Produk Terapan
    • Kekayaan Intelektual
    • Penalaran Ilmiah Mahasiswa
  • Kerjasama
    • Mitra Dalam Negeri
    • Mitra Luar Negeri
  • Alumni dan Karir
    • Info Alumni
    • Tracer Study
    • Lowongan Pekerjaan
  • Beranda
  • Headline
  • Program Studi D3 Kepariwisataan Universitas Gadjah Mada Mengadakan Kuliah Umum bersama Google Indonesia

Program Studi D3 Kepariwisataan Universitas Gadjah Mada Mengadakan Kuliah Umum bersama Google Indonesia

  • Headline, Rilis Berita
  • 8 May 2018, 21.17
  • Oleh:
  • 0

Program Studi D3 Kepariwisataan Universitas Gadjah Mada melaksanakan kuliah umum untuk mahasiswa angkatan 2016 dan 2017 bertempat di Hall Gedung Perpustakaan Sekolah Vokasi UGM. Kuliah umum ini mengangkat tema“Pemamfaat Sumber Daya Digital dalam Melihat Trend Perkembangan Pariwisata Indonesia” yang dibawakan oleh Bapak Adiselaku perwakilan dari Google Indonesia. Kuliah umum ini bertujuan agar mahasiswa lebihmenerapkan sumber daya digital yaituGoogle Trend dalam pengaplikasian kegiatan pariwisata.  Google Trend bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dalam mengumpulkan data-data mengenai tingkathistory atau riwayat kunjungan destinasi-destinasi yang dicari oleh calon wisatawan. Data-data tersebut sangat dibutuhkan  oleh mahasiswa D3 Kepariwisataan UGM terkait dengan tugas atau penelitian yang membutuhkan data-data history wisatawan. Data riwayat kunjungan juga dapat dijadikan acuan bagaimana menentukan tren wisata saat ini sampai apa saja yang dibutuhkan wisatawan

 

Antusias Mahasiswa Saat Kuliah Umum. Doc: Tim Jurnalistik

Google Trend  ditentukan oleh pihak google yangmenjelaskan analisa ‘Micro-moment’ yaitu bagaimana pengguna search engine google merefleksikan kebutuhannya pada saat itu juga melalui alat elektronik atau gadget. Dari Mico-moment tersebut dapat menganalisa apa yang ingin diketahui, apa saja yang saat ini menjadi kebutuhan si pengguna dan apa yang diperlukan untuk mencapai kebutuhan yang ingin dicapai. Google berhasil mewadahi analisa setiap penggunanya melalui google tren ini. Bagian yang mengesankan adalah analisa ini dapat juga diterapkan di indiustri pariwisata.

Mahasiswa mendapatkan hadiah dari narasumber. Doc: Tim Jurnalistik

Kuliah umum tersebut juga membahas mengenai bagaimana membuat tour package yang sesuai dengan Google Trend. Setelah penjelasan mengenai hal tersebut beberapa mahasiswa ditantang untuk membuat tour package terkait dengan Google Trend di Yogyakarta. Mereka sangat berantusias untuk memaparkan ide tour package mereka yang sangat menarik dan pihak google memberikan hadiah bagi Dalam acara ini mahasiswa juga diberi kesempatan  untuk  bertanya atau menjawab pertanyaan yang dipaparkan pembicara. Kuliah umum Google ini diharapkan mampu memberi stimulus bagi mahasiwa Diploma 3 Kepariwisataan Sekolah Voaksi Universitas Gadjah Mada dalam mengembangkan data dan menggunakannya secara bijak bagi kebutuhan pariwisata.

(IDF/AGS/NK)

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Rilis Berita

  • CELTH Netherlands Berikan Kuliah Umum untuk 3 Angkatan Prodi BPW
  • Om Hao “Kisah Tanah Jawa” Beri Kuliah Umum di Prodi BPW
  • Jurnal Pariwisata Terapan
  • Kuliah Umum Prodi BPW Hadirkan Ketua GIPI DIY
  • Perjanjian Kerjasama Project Based Learning Prodi BPW dengan PERSIKINDO Ditandatangani
Universitas Gadjah Mada

Program Studi  Sarjana Terapan

Bisnis Perjalanan Wisata
Sekolah Vokasi – Universitas Gadjah Mada

Gd. Iso Reksohadiprodjo Sekip Unit 1 Caturtunggal Depok, Sleman DI Yogyakarta 55281

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju